Cara membuat Website toko online Sendiri | JASA PEMBUATAN WEBSITE TOKO ONLINE

Cara membuat Website toko online Sendiri

Cara membuat Website toko online Sendiri
Cara membuat Website toko online Sendiri


Membuat sebuah website toko online atau populer dengan istilah e-commerce sebenarnya tidak sulit dan bahkan Anda dapat membuatnya tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis. Website toko online sepertinya menjadi media pendukung bisnis online yang kini menjadi tren di mana banyak masyarakat modern kini menyukai cara belanja online. Tak heran jika trend belanja seperti ini dinamakan trend online shopping. Banyak alasan mengapa banyak orang menyukai sistem belanaja online. Sebut saja hemat waktu dan tenaga untuk memilih produk atau jasa yang ditawarkan secara online. Lazada atau Zalora adalah dua buah toko online yang sangat populer di Indonesia. Keduanya bersaing ketat mempromosikan website toko online-nya di media elektronik dan media sosial. Ini adalah bukti yang kuat bahwa peluang bisnis online di Indonesia sangat tinggi. Transaksi jual beli online situs-situs ini tiap harinya mencapai milyaran rupiah.

Hal-hal yang disiapkan sebelum membuat website toko online

Sebelum membuat sebuah website toko online, Anda sebaiknya persiapkan email  yang masih aktif dan valid, template toko online Anda, dan foto-foto produk untuk diunggah di website toko online Anda. Lantas, bagaimana cara membuat website toko online secara gratis? Langkah pertama yaitu mendaftar di blogspot gratis. Anda perlu membuat sebuah blog untuk Anda kelola nantinya sebagai situs toko online Anda.  Langkah yang kedua, silahkan Anda unduh dan install template toko online Anda. Setelah berhasil diunduh, silahkan Anda pasang template Anda ke blog yang sudah Anda buat tadi.  Caranya sangat mudah. Pertama, log in terlebih dahulu ke halaman blogger Anda. Kedua, tentukan blog yang akan diberi template dengan cara klik Template > Cadangkan Pulihkan. Ketiga, klik Pilih Template > Klik Upload dan silahkan tunggu beberapa saat hingga proses unggahan selesai. Terakhir, silahkan Anda cek tampilan toko online Anda.

Membuat postingan

Langkah yang ketiga dalam membuat website toko online adalah membuat postingan untuk produk yang akan Anda jual di toko online Anda. Bedakan membuat postingan untuk sebuah website toko online dengan postingan untuk blog biasa, pasalnya kedua sangat berbeda dari segi konten. Khusus untuk konten sebuah website toko online, Anda wajib menyertakan  harga, foto, dan deskripsi singkat untuk masing-masing produk yang akan dijual secara online. Tiap template toko online mempunyai struktur postingan yang berbeda.

Promosi website toko online

Langkah yang terakhir yaitu mulai mempromosikan website toko online Anda. Anda bisa manfaatkan media promosi gratis, yaitu melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Anda juga boleh menggunakan jasa promosi toko online berbayar dengan cara memasang iklan atau banner di blog-blog atau di Google Adsense. Agar hasil promosi Anda optimal, gunakan media promosi berbayar karena website toko online Anda akan dibidik dan ditempatkan di blog-blog dengan konten yang serupa dengan produk atau jasa Anda. Media promosi semacam ini tentu adalah hasil bantuan dari Google melalui aplikasi barunya, yaitu Google Adsense.


Terdapat beberapa tips penting khusus bagi Anda yang berminat membuat sebuah website toko online. Tips yang pertama, pilihlah nama toko online yang mudah untuk diingat. Nama toko online yang mudah diingat merupakan poin plus tersendiri untuk Anda para pemula bisnis online. Jadi sebaiknya pilihlah nama domain yang tepat dan SEO friendly (domain yang mudah dicari via search engine). Tips yang kedua, buatlah tampilan toko online yang cocok dengan tema bisnis online Anda. Hal ini sangat penting karena dapat membuat toko online Anda laris manis karena tampilan dan isi web benar-benar sesuai. Tips yang terakhir yaitu jangan lupa untuk cantumkan alamat toko dan kontak Anda pada website toko online. 

Demikian tips Cara membuat Website toko online Sendiri, semoga dapat membantu anda dalam membuat toko online sendiri baik itu website toko online gratis maupun berbayar.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara membuat Website toko online Sendiri"

  1. Artikel ini wajib dibaca oleh pebisnis yang ingin memperluas jangkauan konsumennya dalam pemasaran produk yang di jual.

    website toko online memang solusinya..

    BalasHapus
  2. terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  3. Mas cara bikin web online bayar brapa? Saya pengen punya web jualan barang" biar semakin praktis dlam pembelian dn semakin bnyk customer yg liat, sya kira mempermudah untuk usaha di mana pun kita bisa akses gtu.

    BalasHapus

Komentar berisi promosi tidak akan ditayangkan